PT Astra Honda Motor (AHM) berhasil
mengakhiri kuartal I tahun ini dengan mendominasi pasar sepeda motor di
Indonesia dengan pangsa pasar sebesar 55% seiring keberhasilannya menjual
1.063.695 unit sepeda motor.
Berdasarkan data Asosiasi Industri
Sepedamotor Indonesia (AISI), sepanjang Januari-Maret tahun ini, AHM berhasil
mencatat pertumbuhan penjualan sebesar 7,5% dibandingkan dengan periode yang
sama tahun lalu yang hanya 989.862 unit. Pertumbuhan penjualan Honda ini jauh
lebih tinggi dibandingkan dengan pertumbuhan pasar nasional yang justru
menurun. Pada kuartal I tahun ini, total penjualan sepeda motor nasional
tercatat 1.931.677 unit atau turun 2,7% dibandingkan dengan periode yang sama
tahun lalu, 1.985.800 unit.
Deputy General Manager Sales Division AHM
Thomas Wijaya mengungkapkan pertumbuhan penjualan Honda yang positif pada
kuartal pertama ini semakin memperlebar selisih dengan pesaing terdekat dengan
selisih pangsa pasar 18%.
“Terima kasih atas kepercayaan konsumen
terhadap produk motor dan layanan purna jual Honda yang menjadi kunci utama
pencapaian ini. Kami senantiasa berusaha meningkatkan kepuasan konsumen dalam
setiap pencapaian,” ujar Thomas Wijaya.
Sementara itu, Leo Wijaya, Marketing Manager
CV. Indako Trading Co, selaku main delaer Honda di wilayah Sumatera Utara
mengungkapkan untuk wilayah Sumut sendiri, di kuartal 1 tahun ini Honda telah
mencatatkan Market Share sekitar 62,5 %.
Skutik Honda BeAT dan Honda Vario series
menjadi penyumbang terbesar pencapaian ini. Selama kuartal I tahun ini, Honda
BeAT telah terjual sebanyak 314.263 unit atau tumbuh sebesar 32% dibandingkan
dengan periode yang sama tahun lalu yang hanya 237.631 unit. Honda Vario series
tercatat telah terjual 232.059 unit. Kesuksesan Honda Vario series turut
ditunjang penerimaan yang besar dari konsumen Indonesia terhadap produk terbaru
Honda Vario Techno 125 PGM-FI.
Secara keseluruhan, skutik Honda pada periode
ini telah terjual 649.794 unit ini dengan tambahan penjualan 46.800 unit Honda
Scoopy, 55.757 unit Honda Spacy series, dan 915 unit Honda PCX. Pada segmen
ini, predikat Honda sebagai Raja Motor Skutik semakin kokoh setelah meraih
61,6% pangsa pasar.
Di segmen bebek, dominasi penjualan Honda
juga tak tergoyahkan. Pada tiga bulan pertama tahun ini tercatat telah terjual
366.829 unit motor bebek Honda. Pencapaian ini memperkuat posisi Honda sebagai
Raja Motor Bebek dengan 57,3% pangsa pasar.
Penjualan Honda di segmen bebek
dikontribusikan oleh Honda Revo series sebesar 127.374 unit, Honda Supra X125
series sebesar 176.155 unit, dan Honda New Blade sebesar 63.300 unit.
Di segmen sport, penjualan AHM
disumbang oleh Honda MegaPro series sebesar 34.229 unit, Honda Tiger series
sebesar 6.409 unit, Honda CBR series sebesar 4.446 unit, dan Honda CS1 sebesar
1.988 unit.
Sepanjang kuartal pertama tahun ini, AHM
telah meluncurkan beragam produk dan varian terbaru di semua segmen melalui
kehadiran Honda Vario Techno 125 PGM-FI dan varian terbaru dari Honda BeAT,
Honda Scoopy, Honda CBR150R edisi Repsol, dan Honda Revo series.
“ Pencapaian ini akan mendorong kami untuk
tetap berkomitmen, dan senantiasa memenuhi harapan dan meningkatkan kepuasan
konsumen melalui produk - produk berkualitas, berteknologi canggih, irit bahan
bakar, ramah lingkungan dan resale value tinggi serta pelayanan yang semakin
mempermudah dan memanjakan konsumen.” Ujar Leo Wijaya.
No comments:
Post a Comment