Thursday, January 12, 2012

Honda Akhiri 2011 Dengan Raih 53,16% Pangsa Pasar


PT Astra Honda Motor (AHM) berhasil menyumbangkan 53,16% pangsa pasar di pasar motor nasional setelah berhasil menjual 4.276.136 unit sepeda motor sepanjang tahun 2011.          

Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), pencapaian ini semakin mengokohkan posisi Honda di pasar motor nasional dibandingkan tahun lalu yang baru menguasai 46,2% pangsa pasar. Prestasi ini sekaligus memperlebar selisih dengan pesaing terdekat menjadi sekitar 14% dibandingkan dengan tahun lalu yang hanya 1%.      

Perolehan penjualan tersebut  juga mencatatkan AHM sebagai agen tunggal pemegang merek dengan angka pertumbuhan penjualan terbesar di tahun 2011 yaitu sebesar 25,1% dibandingkan dengan total penjualan AHM pada 2010 yang hanya 3.418.632 unit. Pertumbuhan penjualan sepeda motor Honda ini jauh melampaui pertumbuhan pasar motor nasional. Sepanjang tahun 2011, total penjualan sepeda motor nasional tercatat 8.043.535 unit atau tumbuh 8,7% dibandingkan dengan penjualan sepeda motor nasional di tahun 2010 yang tercatat 7.398.644 unit.           

Di penghujung tahun 2011, Honda juga mencatat rekor perolehan pangsa pasar tertinggi bulanan setelah pada bulan Desember tahun lalu berhasil menyumbangkan 60,85% terhadap total penjualan motor nasional melalui angka penjualan sebanyak 282.009 unit.Pada bulan terakhir 2011 ini, Honda juga berhasil membukukan selisih perolehan pangsa pasar bulanan terbesar dengan pesaing terdekat yaitu hingga 31,98%.         

Marketing manager CV.Indako Trading Co., main dealer motor Honda Sumatera Utara menyatakan pencapaian di tahun 2012 ini menegaskan kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap merek dan kualitas sepeda motor Honda, serta layanan yang diberikan melalui jaringan Honda di seluruh Indonesia. Di sisi lain, kerja keras dan dukungan penuh jaringan Dealer Honda dan perusahaan pembiayaan merupakan faktor penting yang mengantarkan keberhasilan Honda.  

“Terima kasih atas dukungan dan kerja kerasnya. Terima kasih juga kepada segenap konsumen yang telah memilih Honda sebagai alat transportasi terpercaya. Kami akan berusaha terus menemani konsumen mewujudkan mimpi mereka, bersama-sama membangun negara tercinta ini,” ujarnya.     

Secara rinci, pada tahun 2011 di segmen sepeda motor bebek Honda berhasil menjual sebanyak 1.668.695 unit. Kontribusi terbesar disumbangkan oleh tipe Honda Revo Series dengan angka penjualan sebanyak 764.662 unit dan Honda Supra Series sebanyak 630.409 unit. 

Di segmen skuter otomatik atau skutik, Honda membukukan angka penjualan sebanyak 2.381.926 unit atau tumbuh sekitar 53,5% dibandingkan dengan tahun 2010. Di segmen ini, Honda BeAT Series tercatat sebagai penyumbang terbesar dengan angka penjualan 1.033.928 unit diikuti oleh Honda Vario Series dengan 905.456 unit, Honda Scoopy 228.728 unit, Honda Spacy Series 211.687 unit, dan Honda PCX 2.127 unit.       

Di segmen sport, pencapaian Honda juga cukup menggembirakan. Sepanjang tahun lalu, tercatat berhasil menjual 225.515 unit atau naik 32% dibandingkan dengan tahun 2010. Model Honda New Megapro Series berkontribusi dengan angka penjualan terbesar yaitu 169.302 unit, diikuti oleh Honda Tiger 29.406 unit, Honda CBR Series 14.668 unit, dan Honda CS1 sebanyak 12.139 unit. 

Sepanjang tahun lalu Honda juga berusaha memenuhi keinginan konsumen dengan memperkenalkan beberapa model motor baru ke pasar motor nasional, antara lain Honda BeAT, Honda CBR250R, Honda Supra X 125, Honda Revo Fit, Honda Scoopy, Honda Spacy, Honda CBR150R, PCX, New Honda Blade, Honda Supra X 125 Helm in, Honda Vario Series, Honda Supra   X 125 Helm in PGM-FI dan Honda Spacy Helm in PGM-FI.

No comments:

Post a Comment

Jumlah Pengunjung :