Wednesday, July 13, 2011

Semester I Raih 51,8% Pangsa Pasar, Honda Semakin Dominan


Mengakhiri paruh pertama tahun 2011, PT Astra Honda Motor (AHM) berhasil meraih pangsa pasar sebesar 51,8% setelah membukukan penjualan sebanyak 2.099.349 unit. Pencapaian ini semakin mengokohkan kepemimpinan Honda di pasar sepeda motor nasional.
Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), sepanjang semester I tahun ini, AHM berhasil mencatat pertumbuhan penjualan sebesar 26% dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2010 yang hanya 1.665.509 unit. Pertumbuhan penjualan motor Honda tersebut jauh melampaui pasar motor nasional yang hanya tumbuh 12,7%.

Pada semester I tahun ini penjualan motor di pasar domestik tercatat sekitar 4.056.075 unit sedangkan periode yang sama tahun lalu hanya 3.599 juta unit.
Direktur Marketing AHM Auddie A. Wiranata mengatakan pada semester I tahun ini, Honda tidak hanya unggul dari sisi pertumbuhan penjualan saja, dari sisi volume penjualan, Honda juga semakin jauh meninggalkan pesaing terdekatnya dengan selisih penjualan sekitar 453.265 unit.

“Bahkan khusus pada bulan Juni, pangsa pasar kami melejit ke angka 54,9% dengan penjualan domestik 361.665. Kami bersyukur, setidaknya inilah hasil dari upaya kami untuk selalu memahami dan menemani konsumen meraih mimpi dalam kehidupan sehari-hari. Produk sepeda motor Honda semakin diterima dengan baik oleh konsumen,” ujarnya.
Auddie menambahkan pencapaian tersebut juga tidak dapat dipisahkan dari kesiapan sekitar 1.700 jaringan penjualan Honda dan kerja keras dari tim penjualan main dealer Honda di seluruh Tanah Air.

Sementara itu, Arifin Posmadi, General Manager CV. Indako Trading Co selaku main dealer Honda di Wilayah Sumatera Utara mengungkapkan turut berbangga dengan hasil yang diraih pada semester pertama ini, dan pihaknya meyakini penjualan Honda akan terus berlanjut pada bulan-bulan berikutnya, mengingat sebentar lagi akan memasuki momen Ramadhan dan Lebaran, dimana sepeda motor masih menjadi pilihan utama.

“ Pencapaian ini pastinya tidak terlepas dari besarnya kepercayaan konsumen akan nilai dari kualitas yang ditawarkan Honda, baik produk maupun pelayanan yang diberikan. “ ujar Arifin Posmadi.

Selama enam bulan pertama tahun ini, Honda berusaha memenuhi kebutuhan konsumen dengan merilis beberapa produk baru. Ada Honda CBR250R yang merupakan flagship motor sport premium Honda dan Honda CBR150R yang baru dirilis akhir bulan Juni lalu. Di segmen skutik, AHM menambah pilihan warna skutik retro modern Honda Scoopy dan menjadi pioneer dengan memperkenalkan skutik dengan bagasi ekstra luas yaitu Honda Spacy Helm In. Di segmen bebek, AHM memperbarui tampilan Honda Supra X125 dan Honda Absolute Revo serta menambah varian baru dengan harga yang lebih terjangkau yaitu Honda Revo Fit.

Di segmen bebek, dominasi Honda semakin tak tergoyahkan setelah pada semester I tahun ini berhasil membukukan penjualan sebanyak 895.819 unit. Di segmen ini, kepemimpinan Honda juga semakin kokoh setelah mengantongi 56,1% pangsa pasar melalui beberapa model, yaitu Absolute Revo, Revo AT, Supra X125, dan Blade.

Melengkapi pencapaian di segmen bebek, pada kategori skutik Honda juga berhasil membukukan lonjakan pertumbuhan yang luar biasa yaitu 62,90% setelah pada paruh pertama tahun ini mencatat penjualan sebesar 1.075.336 unit, sementara pada Januari-Juni tahun lalu hanya 660.101 unit. Pencapaian ini mempertegas dominasi Honda sebagai Raja Baru Skutik dengan menguasai pangsa pasar 53,2%.

“Kami berusaha menjawab animo besar masyarakat terhadap trend mengendarai motor yang praktis seperti jenis skutik ini dengan beberapa produk skutik kami yang modern, trendi, hemat BBM dan penuh dengan fitur safety seperti BeAT, Vario Series, Scoopy, PCX,dan Spacy Helm In. Honda Spacy Helm In yang baru kami rilis sekitar dua bulan sudah terjual 48.053 unit. Di beberapa daerah terpaksa harus inden. Kami mohon maaf atas keterbatasan kemampuan kami dalam memenuhi pesanan konsumen ini,” kata Auddie.

Di segmen sport, Honda juga membukukan pertumbuhan penjualan yang signifikan yaitu 50,1%. Pada semester I tahun ini, tercatat penjualan tipe motor sport Honda sebanyak 128.194 unit sedangkan tahun lalu hanya 85.401 unit. Di segmen ini, Honda memiliki beberapa model yaitu New MegaPro, Tiger, CS1, Honda CBR250R dan Honda CBR150R.

“ Pada semester I ini Honda merilis Honda CBR250R dan Honda CBR150R. Kami meyakini keduanya akan menjawab kebutuhan para pecinta motor sport di Tanah Air sekaligus memperkuat imej motor sport Honda di masa mendatang “, ujar Auddie.

No comments:

Post a Comment

Jumlah Pengunjung :