PT Astra Honda Motor (AHM) kembali meraih penghargaan sebagai salah satu
perusahaan dengan pengelolaan program Corporate Social Responsibility (CSR)
terbaik di ajang Bisnis Indonesia Corporate Social
Responsibility Awards (BISRA) 2024 (27/6). Berdasarkan penilaian juri lintas profesi, beragam aksi kepedulian AHM
untuk negeri ini diapreasiasi dengan penghargaan Gold Champion in Corporate Social Responsibility Program untuk Kelompok
Perusahaan Swasta Nasional.
Raihan prestasi ini menjadi bukti nyata komitmen tinggi AHM dalam
pengelolaan lingkungan, pemberdayaan masyarakat dan tata kelola perusahaan yang
baik melalui implementasi Environment, Social and Governance (ESG). Di ajang
bergengsi ini, AHM berhasil menyisihkan 78 perusahaan melalui pemaparan program
“Kolaborasi Penyelamatan Lingkungan dalam Upaya Adaptasi dan Mitigasi Perubahan
Iklim di Bandung Barat”. Program ini merupakan kegiatan pengembangan Kampung Berseri Astra Honda Cidadap Eco Village serta
konservasi keanekaragaman Hayati yang dilakukan AHM bersama Pemda Jawa
Barat. Kolaborasi pentahelix mengajak masyarakat untuk melakukan
perbaikan ekosistem di lokasi wisata melalui penanaman bambu, pohon peneduh dan
buah lokal dan langka nusantara sebagai bagian dari upaya mitigasi perubahan
iklim, sekaligus mendukung berbagai UMKM yang mengusung kearifan lokal.
General Manager Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan
komitmen tinggi perusahaan untuk menjaga keberlanjutan program CSR
dilakukan dengan pendekatan psikologis, geografis, kondisi ekonomi dan sosial.
Selaras dengan nilai semangat Satu Hati, sinergi AHM di kegiatan CSR ini
bergerak dalam 4 pilar yakni pendidikan, ekonomi, lingkungan dan kesehatan yang
mengajak kontribusi aktif para penggerak atau champion di wilayah desa binaan.
Harapannya, konsistensi program ini dapat memberikan manfaat yang berkelanjutan
serta menginspirasi pihak lain untuk berkontribusi pada negeri ini.
Sementara itu Gunarko Hartoyo, Corporate and Marketing Communication
Manager PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera
Utara dengan mengungkapkan, sangat berbangga dengan keberhasila Honda meraih penghargaan sebagai salah satu perusahaan dengan pengelolaan program
Corporate Social Responsibility (CSR) terbaik. Melalui semangat Sinergi Bagi Negeri, Honda berkolaborasi dengan masyarakat dalam
mengimplementasikan program kontribusi sosial yang sesuai kebutuhan masyarakat.
BISRA 2024 menyeleksi aksi CSR puluhan perusahaan melalui empat kali proses
penilaian, yakni melalui pengumpulan dokumen-dokumen kegiatan sosial
perusahaan, proses verifikasi dokumen, hingga proses wawancara di hadapan para
dewan juri. Program CSR terbaik dinilai berdasarkan beberapa aspek seperti
Social Return of Investment (SROI), aspek nilai ESG berdasarkan tingkat resiko,
dan nilai Return of Asset (ROA) dalam mencapai Sustainable Development Goals
(SDGs) yang dicanangkan pemerintah.
Apresiasi pengelolaan CSR di Indonesia ini menggandeng dewan juri ahli di
bidangnya dengan fokus utama pada kontribusi sosial yang terukur dan
berkelanjutan melalui perhitungan Social Return of Investment (SROI).
No comments:
Post a Comment