PT Astra Honda Motor (AHM) menggelar AHM Best Student (AHMBS) untuk menantang pelajar setingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) berlomba memaparkan gagasan dan karyanya dalam membangun negeri. Bertajuk “Gen Z Kuat, Indonesia Hebat”, perusahaan membuka pendaftaran kegiatan ini sejak 15 Maret hingga 20 Juli 2023 dengan mengajak generasi muda dalam mengangkat kepedulian serta menjawab isu global melalui karya kritis, kreatif, terstruktur, dan bermanfaat untuk negeri ini.
Memasukin gelaran ke-21, AHMBS 2023 digelar dengan menyajikan dua kategori
perlombaan, yakni kategori ide dan kategori invensi dengan mengangkat isu
ekonomi, sosial, serta lingkungan seperti yang tercermin dalam Sustainable
Development Goals (SDG’s). Para calon perserta dapat mendaftarkan diri melalui
link bit.ly/AHMBS2023 yang telah dilengkapi dengan berbagai informasi dan
petunjuk pembuatan makalah secara mudah, cara membuat materi presentasi yang
menarik dan video kreatif sesuai dengan kategori yang diikuti. Para siswa
multitalenta yang juga aktif di bidang sosial dan keagamaan, budaya dan
olahraga dapat mengikuti kompetisi ini sesuai dengan minatnya sejalan dengan 17
indikator SDG’s.
Gen Z yang menjadi siswa sederajat SMA dengan tahun ajaran 2022-2023 dapat
menuangkan karya terbaiknya di kategori Ide yakni gagasan karya atau konsep
yang diwujudkan dalam bentuk minimal satu purwarupa atau sampel atau prototype,
belum dibuat secara massal, dan belum dijual ke masyarakat umum. Ide yang masih
dalam tahap konsep tetap memperhatikan unsur kemudahan penerapan dengan hasil
berupa prototype. Sementara itu pada kategori Invensi, para
siswa dapat mempresentasikan karya sudah terwujud dalam produksi yang
sudah digunakan minimal 3 bulan dan dibuat lebih dari 1 unit, sudah dijual ke
masyarakat. Karya di Invensi ini sudah bisa diuji dampak yang dihasilkan
bagi masyakarat berupa produk atau jasa.
Karya Gen Z ini dikurasi melalui seleksi berjenjang hingga 6 tahapan.
Seleksi dimulai dengan seleksi administrasi, dilanjutkan bertarung di tingkat
regional hingga nasional melalui makalah dan presentasi. Kegiatan penjurian
AHMBS dilakukan pada periode Agustus - Oktober 2023 dengan melibatkan alumni
AHMBS, praktisi, akademisi hingga para profesional di setiap bidang. AHMBS
tahun ini juga mengapresiasi para guru yang tanpa lelah membina siswa untuk
terus berprestasi. AHMBS 2023 hadir dengan total hadiah hingga Rp120.000.000
bagi para pemenang.
General Manager Corporate Communication Ahmad Muhibbuddin mengajak para
siswa sederajat SMA menyampaikan gagasan dan karya kreatifnya dalam menghadapi
kompetisi global sesuai dengan semangat AHMBS yakni creative, care
& confident. AHMBS menjadi upaya perusahaan mewadahi pengembangan
Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul melalui rangkaian program yang dikemas
khusus dan menarik bagi Gen Z.
Gunarko Hartoyo, Corporate Communication and
Sales Manager PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah
Sumatera Utara mengungkapkan, melalui semangat Sinergi Bagi Negeri, kami ingin dapat hadir bersama
masyarakat dalam membangun negeri, terutama generasi muda. AHMBS mengajak para
pelajar untuk berkarya dan menyongsong masa depan dengan kepedulian terhadap
berbagai isu sosial, dan
ekonomi kemasyarakatan.
AHMBS yang juga diperuntukan bagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
maupun Madrsah Aliyah (MA) merupakan program kontribusi sosial perusahaan di
pilar pendidikan yang telah berlangsung sejak 2003. Program bagi generasi muda
ini telah memiliki 1.284 orang alumni yang telah berkiprah melalui berbagai
profesi yang ditekuni seperti dokter, dosen hingga wirausaha. Pendekatan yang
dilakukan sepanjang gelaran ini terus mengikuti perkembangan tren anak muda
dengan topik yang menginspirasi pada lingkup nasional dan global. AHBMS juga
memberikan wawasan inspiratif bagi para pesertanya melalui berbagai narasumber
baik tokoh nasional, tokoh muda, penulis, enterpreneur hingga atlit nasional.
No comments:
Post a Comment