Saat ini semua sepeda motor Honda telah
menggunakan sistem PGM-FI, dimana salah satu kelebihan dari sistem ini dapat
mendiagnosa permasalahan yang terjadi pada sepeda motor. Hasil diagnosa ini
akan disampaikan melalui malfunction indicator lamp (MIL) yang
terletak pada bagian speedometer Honda.
Pada kondisi normal, ketika kunci kontak dalam
posisi ON maka MIL akan menyala sekitar 2 detik kemudian mati kembali dan motor
siap dinyalakan. Selama kegagalan pada sistem PGM-FI belum diperbaiki, maka MIL
akan terus berkedip. Jumlah kedipan pada MIL memiliki arti tersendiri untuk
mengetahui permasalahan yang terjadi pada sistem PGM-FI.
Kedipan MIL pun terdapat dua jenis, yaitu
kedipan cepat yang berlangsung selama 0,3 detik dan kedipan panjang yang
berlangsung selama 1,3 detik. Dalam mendeteksi kedipan MIL, untuk satu kedipan
panjang akan dihitung sama seperti 10 kedipan cepat. Lalu untuk satu kedipan
cepat akan dihitung 1.
Berikut indikator permasalahan motor
berdasarkan kedipan motor:
1 Kedipan
Hal ini menunjukan potensi gangguan pada area
sistem sensor atau Manifold absolute pressure (MAP) yang mendeteksi tingkat
kevakuman pada intake manifold. Bila tidak segera diatasi akan menimbulkan
akselerasi kurang baik dan performa mesin pun tidak maksimal pada putaran
atas.
7 Kedipan
Hal ini menunjukan potensi gangguan pada area
sistem sensor temperatur mesin atau biasa disebut Engine Coolant Temperature
(ECT) Atau Engine Oil Temperature (EOT). Akibat dari hal ini dapat membuat
mesin agak susah dihidupkan pada saat mesin kondisi dingin.
8 Kedipan
Hal ini menunjukan potensi gangguan pada area
sistem sensor throttle position (TP), bila dibiarkan maka mesin akan mudah mati
dan akselerasi pun tidak maksimal.
9 Kedipan
Menunjukan potensi gangguan pada area sistem
sensor Intake air temperature (IAT). Akibat yang ditimbulkan performa mesin
tidak maksimal, mudah mati, emisi gas buang yang dihasilkan pun tidak
bagus.
11 Kedipan
Hal ini menunjukan potensi gangguan pada area
sistem sensor kecepatan sehingga indikator speedometer tidak berfungsi atau
bila telah menggunakan fitur Idling Stop System (ISS) tidak akan
berfungsi.
12 Kedipan
Hal ini menunjukan potensi gangguan pada area
sistem injector sehingga sepeda motor tidak bisa dinyalakan.
21 Kedipan
Hal ini menunjukan kode potensi gangguan pada
area sistem O2 sensor (Oxigen sensor). Sensor ini berfungsi untuk mendeteksi
gas buang dan kondisi pembakaran mesin. Akibat yang ditimbulkan mesin sulit
dihidupkan dan terdapat suara letupan pada knalpot
29 Kedipan
Hal ini menunjukan kode potensi gangguan pada
area sistem Intake Air Control Valve (IACV) yang membuat putaran stationer
tidak stabil, mesin sulit dihidupkan dan boros bahan bakar
33 Kedipan
Hal ini menunjukan potensi gangguan pada area
sistem Engine Control Module (ECM) yang merupakan sumber dari seluruh
pengaturan sistem PGM-FI. Akibatnya sepeda motor tidak dapat dihidupkan.
52 Kedipan
Hal ini menunjukan potensi gangguan pada area
sistem sensor crankshaft position (CKP) sehingga sepeda motor tidak dapat
dihidupkan.
54 Kedipan
Hal ini menunjukan kode potensi gangguan pada
area sistem sensor bank angle. Sensor ini berfungsi untuk mematikan mesin
ketika sepeda motor terjatuh atau mengalami kemiringan hingga 60 derajat dengan
toleransi + 5 derajat, dalam waktu 5 detik. Namun sepeda
motor tetap bisa di hidupkan kembali dengan mematikan kunci kontak
terlebih dahulu kemudian dihidupkan kembali.
67 Kedipan
Hal ini menunjukan potensi gangguan pada
sistem Honda Selectable Torque Control (HSTC) terkait putaran roda depan dan
belakang yang dibaca oleh ECM. Sensor ini bekerja ketika sepeda motor dalam
kondisi diam dengan standar tengah, kemudian dinyalakan dan tuas gas dibuka selama
20 detik, maka bila terdeteksi masalah, MIL pun akan berkedip. Kode ini hanya
muncul pada sepeda motor yang memiliki sistem HSTC seperti Honda PCX160 tipe
ABS, XADV dan Forza.
Sebagai contoh untuk melakukan pembacaan
kedipan MIL ialah sebagai berikut; apabila MIL pada Honda Scoopy berkedip
panjang dalam satu kali kemudian dilanjutkan dengan dua kedipan cepat maka akan
dihitung sebagai 12 kedipan. Lalu dapat diindikasikan bahwa sepeda motor
tersebut mengalami potensi gangguan pada sistem injector.
Sementara itu Guna
rko Hartoyo, Corporate
Communication and Sales Manager PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda
di wilayah Sumut mengungkapkan, Honda selalu berupaya melakukan pengembangan
pada setiap produknya untuk menjawab kebutuhan para pecintanya. Seperti halnya
kehadiran MIL pada sepeda motor Honda bukan merupakan sesuatu yang baru. Dimana
kemudahan dalam mendeteksi permasalahan sepeda motor Honda pun dapat diketahui
oleh konsumen secara mudah. Namun pihaknya tetap menyarankan agar konsumen
dapat menuju AHASS terdekat, agar sepeda motor kesayangannya dapat ditangani
dengan tepat oleh teknisi AHASS.
No comments:
Post a Comment