PT Astra Honda Motor (AHM) mengakhiri tahun 2015 dengan
memimpin pangsa pasar sebesar 68,7% atau tumbuh 4,5% dibandingkan tahun
sebelumnya melalui penjualan sebesar 4,45 juta unit. Pencapaian ini ditopang
oleh semakin kuatnya penetrasi motor Honda di setiap segmen menyusul
meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap produk dan layanan terbaik yang
diberikan perusahaan di tengah beragam tantangan di industri otomotif.
Berdasarkan data yang diolah dari Asosiasi Industri Sepeda
Motor Indonesia (AISI) sepanjang tahun 2015 penjualan motor nasional mengalami
penurunan 17,6% atau hanya mampu terjual 6.480.155 unit jika dibandingkan
dengan data penjualan 2014 yang mencapai 7.867.195 unit.
Ditengah kondisi ekonomi dan industri otomotif yang cenderung
melandai sepanjang 2015, Honda mampu mempertahankan posisi sebagai pemimpin
pasar dengan membukukan penjualan sebanyak 4.453.888 unit.
General Manager Sales Division AHM Thomas Wijaya mengatakan sangat
mengapresiasi kepercayaan dan kesetiaan konsumen yang telah mendukung dan setia
memilih sepeda motor Honda sepanjang tahun 2015 lalu.
Sementara itu, Leo Wijaya, General Manager Indako Trading Coy
selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara mengungkapkan pihaknya
sangat menyambut baik atas pencapaian Honda menjadi pemimpin pasar di
penghujung tahun 2015. Sesuai semangat Satu Hati, Honda berkomitmen akan terus
melanjutkan kami memberikan produk dan layanan terbaik terhadap pecinta kami di
tanah air.
“ Tahun ini merupakan saat yang sulit bagi industri otomotif
di Tanah Air, namun kepercayaan masyarakat terhadap motor Honda justru semakin
kuat, sehingga mampu mengantarkan Honda menjadi pemimpin pasar roda dua dengan
pangsa tertinggi sepanjang sejarah di Indonesia
“ ujar Leo Wijaya
Tahun lalu, penjualan tertinggi sepeda motor nasional
ditopang oleh segmen skutik sebesar 4.877.725 unit. Pada segmen ini, Honda
mampu menguasai 76,9 % pangsa pasar melalui penjualan skutik Honda sebesar
3.750.816 unit. Kekuatan design, fitur serta teknologi terbaik yang disematkan
pada skutik Honda BeAT eSP series mampu memikat pecinta skutik Tanah Air dengan
total penjualan terbanyak sebesar 1.970.254 unit atau berkontribusi 40%
terhadap penjualan skutik secara nasional.
Respon positif masyarakat juga tercermin dari penjualan Honda
Vario eSP series sebesar 1.382.486 unit dan tingginya pertumbuhan penjualan
Honda Scoopy eSP sebesar 35,4% dari 285.830 unit pada 2014 menjadi 386.953 unit
pada 2015. Penjualan skutik Honda lainnya tercatat yaitu Honda Spacy 7.258
unit, dan Honda PCX 3.852 unit, dan big bike skutik Honda NM4 Vultus terjual
sebanyak 13 unit.
Sementara itu, motor-motor bebek Honda tetap menjadi pilihan
masyarakat. Penjualan sepeda motor Honda di segmen ini tercatat memimpin pangsa
pasar motor bebek nasional sebesar 52% melalui penjualan sebesar 445.893 unit.
Penjualan Honda Supra series menyumbang penjualan terbanyak 191.531 unit,
diikuti Honda Revo series 180.416 unit, Honda Blade 32.925 unit, dan Honda Sonic
150R sebanyak 41.021 unit.
Memimpin sport
Pada segmen sport, model–model sport Honda terus diminati
masyarakat sehingga mampu memimpin segmen ini di penghujung 2015. Secara
keseluruhan,pada tahun lalu Honda berhasil menjual 257.192 unit motor sport
dengan pangsa pasar sebesar 34,6%. Produk teranyar New Honda CB150R StreetFire
memberikan kontibusi sebesar 112.615 unit, Honda CBR series sebesar 69.580
unit, Honda Verza sebesar 65.949 unit, dan Honda Megapro sebesar 8.947 unit.
Sedangkan produk Big Bike sport Honda mencatatkan penjualan sebesar 101 unit.
“ Kami berterima kasih atas dukungan dan kesetiaan masyarakat
sepanjang tahun 2015. Semoga hal baik ini dapat terus kami lanjutkan lagi di
tahun 2016 ini dengan beragam produk dan layanan terbaik,” tutup Thomas.
No comments:
Post a Comment