All New Honda BeAT tetap menjadi favorit pecinta motor skutik
di Tanah Air. Hal ini terbukti kendati pasar sepeda motor nasional sedang
melemah, penjualannya tetap tumbuh. Pada Februari lalu, penjualannya tercatat
175.339 unit atau tumbuh 6% dibandingkan bulan yang sama 2014.
Berdasarkan data Asosiasi Sepedamotor Indonesia (AISI), total
penjualan motor di pasar domestik pada bulan lalu tercatat hanya 556.091 unit
atau turun 18,4% dibandingkan dengan Februari 2014 yang mencapai 681.267 unit.
Di tengah kondisi pasar yang melemah ini, pangsa pasar Honda justru menguat
dari hanya 62,4% pada Februari 2014 menjadi 67,8% pada Februari 2015 dengan
angka penjualan 376.973 unit.
Lonjakan pangsa pasar Honda ini salah satunya ditopang oleh
model skutik. All New Honda BeAT bersama model skutik Honda yang lain
memberikan kontribusi sebesar 85,4% terhadap total penjualan Honda pada
Februari 2015 yang mencapai 322.113 unit. Dengan angka tersebut, Honda semakin
mengukuhkan posisinya sebagai raja skutik nasional dengan pangsa pasar 77,6%.
Di antara model skutik Honda, Honda BeAT dengan dua variannya
yaitu All New Honda BeAT eSP dan All New Honda BeAT POP eSP, tercatat sebagai
skutik terlaris. Penjualannya pada bulan lalu tercatat 175.339 unit yang
diikuti oleh Vario Series dengan penjualan 119.877 unit, Honda Scoopy FI
sebanyak 25.072 unit, Honda Spacy Helm in PGM-FI 1.202 unit, dan Honda PCX 150
sebanyak 623 unit.
Leo Wijaya, General Manager Indako Trading Co selaku main
dealer Honda di wilayah Sumatera Utara mengungkapkan dengan dilengkapi Honda
Smart Technology yang terdiri dari teknologi Enhanced Smart Power (eSP), ACG
Starter, Combi Brake System (CBS) dan Idling Stop System (ISS), All New Honda
BeAT kini menjadi semakin ramah lingkungan dan hemat bahan bakar sehingga
semakin disukai masyarakat di Tanah Air.
“ Kami berharap penjualan Honda BeAT yang positif ini akan
mendorong pertumbuhan permintaan terhadap model Honda yang lain.” Ujar Leo
Wijaya
Berdasarkan data AISI, penjualan motor di pasar domestik pada
Februari 2015 tercatat 556.091 unit atau tumbuh 10,6% dibandingkan dengan
Januari 2015 yang mencapai 502.783 unit.
Sementara itu, melengkapi dominasi Honda di segmen skutik,
model sepeda motor bebek Honda juga berhasil mengukuhkan kepemimpinannya di
segmen cub. Pada bulan lalu, pangsa pasar Honda di segmen cub tercatat 49,6%
setelah berhasil menjual 36.157 unit. Di segmen ini Supra series berkontribusi
sebanyak 17.694 unit, New Revo FI series 15.376 unit, dan New Honda Blade
series 3.087 unit.
Di segmen sepeda motor sport, Honda mampu menjual
18.703 unit. Kontribusi terbesar berasal dari Honda CB150R StreetFire dengan
angka penjualan 7.234 unit, diikuti oleh Honda Verza 150 5.683 unit, CBR series
4.795 unit, dan New Honda MegaPro FI 991 unit.
No comments:
Post a Comment