Menutup tahun
2016, PT Astra Honda Motor (AHM) berhasil mencatatkan pertumbuhan positif
penjualan segmen sepeda motor sport dengan kenaikan sebesar 23,6% dibandingkan
tahun sebelumnya. Jajaran motor sport Honda tahun lalu terjual 318.000
sementara tahun sebelumnya hanya 257.179 unit.
Pencapaian
tersebut semakin memperkuat kepemimpinan Honda di segmen sport dengan
penguasaan pangsa pasar sebesar 49,4% atau naik 14,8% dibandingkan pangsa pasar
di segmen sport tahun 2015 yang hanya 34,6%. All New Honda CB150R StreetFire
memberikan kontribusi terbesar pada pencapaian di segment sport Honda dengan
total penjualan sebanyak 152.263 unit, diikuti oleh Honda CBR series
sebanyak 90.252 unit, Honda Verza 71.231 unit, dan Honda Megapro 4.018 unit.
Sementara itu, big bike sport Honda terjual sebanyak 236 unit.
Berdasarkan
data yang diolah dari Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), sepanjang
tahun lalu sepeda motor domestik terjual 5.931.285 unit atau terkoreksi 8,5%
dibandingkan total penjualan tahun 2015 yang terjual sebanyak 6.480.155 unit.
Di tengah kondisi pasar yang sedang tertekan, Honda menyumbang penjualan sepeda
motor sebanyak 4.380.888 unit atau sedikit mengalami penurunan 1,6% dibandingkan
tahun 2015 yang sebanyak 4.453.888 unit. Meski sedikit terkoreksi, secara
penguasaan pangsa pasar Honda berhasil tumbuh 5,1% dengan total market share sebesar 73,9 % sepanjang tahun 2016 terhadap
penjualan sepeda motor di Tanah Air.
General
Manager Sales Division AHM Thomas Wijaya sangat mengapresiasi kepercayaan
masyarakat terhadap produk dan layanan terbaik yang diberikan oleh perusahaan
di tengah beragam kondisi perekonomian sepanjang tahun 2016 yang terbilang
cukup sulit.
Sementara itu
Leo Wijaya, Direktur Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah
Sumut mengungkapkan kepercayaan dan dukungan masyarakat terhadap produk motor
Honda semakin besar terutama di segmen sport, sehingga memperkuat penetrasi di
seluruh segmen pasar roda dua tanah air. “ Tentunya Honda selal u berharap
dukungan positif ini akan terus berlanjut pada tahun ini dengan beragam produk
dan layanan terbaik yang akan kami hadirkan,” ujar Leo Wijaya.
Kontribusi skutik
Sepanjang
tahun lalu, penopang penjualan sepeda motor Honda masih berasal dari segmen
skutik yang memberikan kontribusi sebesar 83,6% terhadap penjualan sepeda motor
Honda melalui penjualan sebesar 3.661.284 unit. Melalui penjualan ini, Honda
memimpin segmen skutik nasional dengan 78,1% pangsa pasar. Pada segmen ini,
Honda BeAT eSP series tercatat sebagai penyumbang terbesar dengan angka
penjualan 1.814.600 unit, diikuti oleh Honda Vario eSP series 1.306.600 unit,
Honda Scoopy eSP 528.622 unit, Honda Spacy 6.170 unit, dan Honda PCX 5.292
unit. Adapun big bike skutik Honda NM4 Vultus terjual sebanyak 3 unit.
Sementara
itu, di segmen bebek, sepeda motor Honda tetap menjadi pilihan favorit pecinta
motor bebek di Tanah Air dengan perolehan pangsa pasar 67%. Segmen ini
memberikan kontribusi sebesar 9% atau 401.601 unit terhadap penjualan Honda.
Kontribusi terbesar penjualan disumbangkan oleh tipe Honda Supra Series dengan
angka penjualan 184.302 unit, diikuti oleh Honda Revo series 159.465 unit, New
Honda Sonic 150R 37.695 unit, dan Honda Blade sebanyak 20.139 unit.
No comments:
Post a Comment