Sepeda motor Honda dinobatkan sebagai sepeda motor yang
paling terpercaya di Tanah Air seiring dengan diterimanya penghargaan Top Brand
Award 2016. Penghargaan yang berhasil dipertahankan PT Astra Honda Motor
(AHM) selama 8 tahun berturut-turut ini mencerminkan kuatnya
kepercayaan masyarakat terhadap sepeda motor Honda di Tanah Air.
Berdasarkan survei yang dilakukan secara nasional oleh
Frontier Consulting Group dan Majalah Marketing, Honda tercatat menyabet 5
penghargaan Top Brand pada beberapa kategori. Sepeda motor skutik Honda
BeAT dan Honda Vario menjadi pilihan utama pada kategori motor
skutik.
Sementara di kategori sepeda motor bebek, Top
Brand dinobatkan untuk Honda Supra dan Absolute Honda Revo. Tak
hanya sepeda motor Honda, kepercayaan tingi masyarakat juga terwujud pada
suku cadang Honda atau Honda Genuine Parts yang turut meraih
penghargaan Top Brand. Penganugerahan kelima penghargaan ini
dilakukan di Hotel Mulia, Jakarta (2/2).
GM Marketing Planning & Analysis AHM A. Indraputra
mengatakan bahwa penghargaan ini mencerminkan hasil penerimaan masyarakat
terhadap beragam upaya serius Honda dalam mempersembahkan jajaran sepeda motor
Honda dan suku cadang yang paling sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
Sementara itu Leo Wijaya, Direktur Indako Trading Coy selaku
main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara mengungkapkan pihaknya turut
berbangga atas keberhasilan Honda dinobatkan sebagai sepeda motor yang paling
terpercaya di Tanah Air. “Tentunya Honda mengucapkan terima kasih atas
kepercayaan ini, dan akan selalu memberikan produk serta layanan purna jual
terbaik sesuai kebutuhan masyarakat. Honda berharap semangat Satu Hati ini
dapat terus diterima seluruh lapisan masyarakat," ujar Leo Wijaya
Penghargaan Top Brand ini diberikan berdasarkan hasil survei
yang melibatkan 14.000 responden di 15 kota besar. Metodologi pengumpulan data
menggunakan wawancara langsung dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen.
Survei ini menggunakan tiga paramater penilaian, yaitu top of mind share, top
of market share dan top of commitment share.
Raih Pasar Tertinggi
Kepercayaan masyarakat terhadap sepeda motor Honda juga
tercermin di tengah kondisi ekonomi yang sulit dengan mampu memimpin 68,7%
pangsa pasar nasional atau mampu menyumbang 4.45 juta unit dari total penjualan
nasional yang sebesar 6.48 juta unit di 2015.
Tahun lalu, penjualan sepeda motor Honda ditopang oleh
segmen skutik melalui penjualan skutik Honda sebesar 3.750.803 unit atau mampu
menguasai 76,9% pangsa pasar nasional. Pada segmen bebek, sepeda motor Honda
meraih pasar nasional sebesar 52% melalui penjualan 445.893 unit.
Selain itu untuk meningkatkan kepuasan konsumen, di tahun
2015 Honda juga telah memberikan layanan terluas dan terbaik
melalui 1.817 dealer Honda, 3.754 Bengkel Resmi Astra Honda
Authorized Service Station (AHASS), dan 7.770 Toko Suku Cadang Honda.
No comments:
Post a Comment