Thursday, September 12, 2013

Honda Sabet Penghargaan Word of Mouth Marketing 2013

Honda kembali dinobatkan sebagai merek sepeda motor yang paling banyak dibicarakan dan direkomendasikan masyarakat setelah berhasil meraih penghargaan Word of Mouth Marketing (WOMM) 2013 yang diselenggarakan oleh Lembaga Riset Onbee Marketing Research dan Majalah SWA.

Penghargaan WOMM 2013 untuk merek-merek yang paling banyak dibicarakan ini diberikan kepada PT Astra Honda Motor (AHM) untuk ketiga kalinya sejak tahun 2011. Di setiap segmen, berhasil meraih penghargaan ini. Di segmen sepeda motor bebek, Honda Supra terbukti mampu memikat hati dan menjadi yang paling sering dibicarakan. Hal yang sama terjadi pada Honda Vario pada kategori sepeda motor matik, dan Honda Tiger pada kategori sepeda motor sport. Penyerahan penghargaan ini dilakukan di Hotel Grand Melia, Jakarta (29/08).

Head of Corporate Communication AHM Kristanto mengatakan perusahaan menyadari konsumen semakin kritis dan mudah bicara tentang suatu produk. Pengalaman dan rekomendasi orang lain dapat menjadi salah satu pertimbangan dalam membeli produk.

“Pada era keterbukaan informasi yang luas seperti saat ini, kekuatan opini masyarakat dapat mempengaruhi sikap konsumen kami. Penghargaan yang kami terima ini menjadi bukti tingginya kepercayaan masyarakat terhadap produk-produk kami. Terima kasih atas kepercayaannya.” ujar Kristanto.

Sementara itu, Gunarko Hartoyo, Corporate  and Marketing Communication Manager CV. Indako Trading Co selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara mengungkapkan upaya Honda untuk terus berinovasi, mempertahankan kualitas jaringan dan layanan terbaik telah mampu mewujudkan excellent customer experience di era persaingan pasar roda dua tanah air. 

Penghargaan WOMM ini dirilis setelah dilakukan survei terhadap 1.793 responden selama April-Juni 2013 di 7 kota, yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Makassar, dan Denpasar. Penghargaan ini diberikan kepada merek-merek yang memperoleh angka WOMM Index tertinggi, yaitu perpaduan antara variabel Word of Mouth (WOM) dan Social Networking (SN). Variabel WOM dihitung melalui nilai rata-rata terbobot dari tiga dimensi, yaitu Talking (bagaimana produk itu dibicarakan konsumen), Promoting (bagaimana konsumen mau mempromosikan merek tersebut), dan Selling (bagaimana konsumen mau menjual merek tersebut). Sementara variabel SN dihitung melalui nilai rata-rata daily intimate friend (offline) yang rutin berinteraksi dengan konsumen.

Sepeda Motor pilihan Wanita Indonesia
Selain menjadi sepeda motor yang paling sering dibicarakan, sepeda motor Honda juga menjadi pilihan terbaik wanita Indonesia setelah Majalah Kartini bekerjasama dengan Women Insight Center (WIC) memberikan penghargaan Choice Brand Award 2013. Penghargaan ini diserahkan pada malam yang sama (29/08) di Senayan City, Jakarta. Penghargaan yang mewakili wanita Indonesia ini menobatkan sepeda motor non matik Honda sebagai pilihan terbaik untuk kebutuhan pribadi maupun keluarga.

“Terima kasih kepada wanita Indonesia yang memilih sepeda motor Honda dalam menemani aktifitasnya serta keluarga. Penghargaan ini menginspirasi Honda  untuk terus menciptakan produk dan layanan yang berkualitas, sesuai, dan nyaman untuk para Kartini Indonesia,” ujar Gunarko.

Choice Brand Award merupakan apresiasi terhadap merk pilihan wanita Indonesia berdasarkan hasil survey terhadap 1.000 wanita di 6 kota besar, yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, dan Makassar. Dua elemen utama penilaian adalah “sebagai merek yang paling sering digunakan” dan “kecenderungan responden apakah masih akan tetap paling sering menggunakan merek tersebut di masa depan”.

Sebelumnya, sepeda motor Honda juga dinobatkan sebagai sepeda motor yang paling disukai wanita Indonesia selama empat tahun berturut-turut melalui penghargaan Indonesia’s Most Favorite Women Brand 2013 yang diselenggarakan oleh lembaga riset pemasaran MarkPlus Insight dan Majalah Marketeers.

No comments:

Post a Comment

Jumlah Pengunjung :