Honda kembali dinobatkan sebagai
merek sepeda motor yang paling banyak dibicarakan dan direkomendasikan
masyarakat setelah berhasil meraih penghargaan Word of Mouth Marketing (WOMM)
2013 yang diselenggarakan oleh Lembaga Riset Onbee Marketing Research dan
Majalah SWA.
Penghargaan WOMM 2013 untuk
merek-merek yang paling banyak dibicarakan ini diberikan kepada PT Astra Honda
Motor (AHM) untuk ketiga kalinya sejak tahun 2011. Di setiap segmen, berhasil
meraih penghargaan ini. Di segmen sepeda motor bebek, Honda Supra terbukti
mampu memikat hati dan menjadi yang paling sering dibicarakan. Hal yang sama
terjadi pada Honda Vario pada kategori sepeda motor matik, dan Honda Tiger pada
kategori sepeda motor sport. Penyerahan penghargaan ini dilakukan di Hotel
Grand Melia, Jakarta (29/08).
Head of Corporate Communication AHM
Kristanto mengatakan perusahaan menyadari konsumen semakin kritis dan mudah
bicara tentang suatu produk. Pengalaman dan rekomendasi orang lain dapat
menjadi salah satu pertimbangan dalam membeli produk.
“Pada era keterbukaan informasi yang
luas seperti saat ini, kekuatan opini masyarakat dapat mempengaruhi sikap
konsumen kami. Penghargaan yang kami terima ini menjadi bukti tingginya kepercayaan
masyarakat terhadap produk-produk kami. Terima kasih atas kepercayaannya.” ujar
Kristanto.
Sementara itu, Gunarko Hartoyo,
Corporate and Marketing Communication
Manager CV. Indako Trading Co selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera
Utara mengungkapkan upaya Honda untuk terus berinovasi, mempertahankan kualitas
jaringan dan layanan terbaik telah mampu mewujudkan excellent customer experience di era
persaingan pasar roda dua tanah air.
Penghargaan WOMM ini dirilis setelah
dilakukan survei terhadap 1.793 responden selama April-Juni 2013 di 7 kota,
yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Makassar, dan Denpasar.
Penghargaan ini diberikan kepada merek-merek yang memperoleh angka WOMM Index
tertinggi, yaitu perpaduan antara variabel Word of Mouth (WOM) dan Social
Networking (SN). Variabel WOM dihitung melalui nilai rata-rata terbobot dari
tiga dimensi, yaitu Talking (bagaimana produk itu dibicarakan konsumen),
Promoting (bagaimana konsumen mau mempromosikan merek tersebut), dan Selling
(bagaimana konsumen mau menjual merek tersebut). Sementara variabel SN dihitung
melalui nilai rata-rata daily intimate friend (offline) yang rutin berinteraksi
dengan konsumen.
Sepeda Motor pilihan Wanita Indonesia
Selain menjadi sepeda motor yang
paling sering dibicarakan, sepeda motor Honda juga menjadi pilihan terbaik
wanita Indonesia setelah Majalah Kartini bekerjasama dengan Women Insight
Center (WIC) memberikan penghargaan Choice Brand Award 2013. Penghargaan ini
diserahkan pada malam yang sama (29/08) di Senayan City, Jakarta. Penghargaan
yang mewakili wanita Indonesia ini menobatkan sepeda motor non matik Honda
sebagai pilihan terbaik untuk kebutuhan pribadi maupun keluarga.
“Terima kasih kepada wanita Indonesia
yang memilih sepeda motor Honda dalam menemani aktifitasnya serta keluarga.
Penghargaan ini menginspirasi Honda untuk
terus menciptakan produk dan layanan yang berkualitas, sesuai, dan nyaman untuk
para Kartini Indonesia,” ujar Gunarko.
Choice Brand Award merupakan
apresiasi terhadap merk pilihan wanita Indonesia berdasarkan hasil survey
terhadap 1.000 wanita di 6 kota besar, yaitu Jakarta, Bandung, Semarang,
Surabaya, Medan, dan Makassar. Dua elemen utama penilaian adalah “sebagai merek
yang paling sering digunakan” dan “kecenderungan responden apakah masih akan
tetap paling sering menggunakan merek tersebut di masa depan”.
Sebelumnya, sepeda motor Honda juga
dinobatkan sebagai sepeda motor yang paling disukai wanita Indonesia selama
empat tahun berturut-turut melalui penghargaan Indonesia’s Most Favorite Women
Brand 2013 yang diselenggarakan oleh lembaga riset pemasaran MarkPlus Insight
dan Majalah Marketeers.
No comments:
Post a Comment