Thursday, January 10, 2013

Honda Raih 57,9% Pangsa Pasar di Tahun 2012


Menutup tahun 2012, PT Astra Honda Motor (AHM) berhasil menyumbangkan 57,9% pangsa pasar di pasar sepeda motor nasional setelah berhasil menjual 4.088.888 unit sepeda motor sepanjang tahun 2012. 

Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), sepanjang tahun lalu penjualan motor di pasar domestik tercatat sebanyak 7.064.457 unit atau turun 11,8% dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Di tengah kondisi pasar yang tertekan ini, pangsa pasar Honda justru meningkat dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya 53,3%. Pencapaian ini semakin memperbesar selisih dengan pesaing terdekat menjadi 23,6% dibandingkan dengan tahun lalu yang berselisih pangsa pasar 14,2%.

Deputy GM Sales Division AHM Thomas Wijaya menyatakan keberhasilan Honda pada tahun lalu sangat ditentukan oleh kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap merek dan kualitas sepeda motor Honda, serta layanan yang diberikan melalui jaringannya. Kepercayaan masyarakat Indonesia adalah wujud nyata hasil kerja keras karyawan AHM dan dukungan penuh jaringan Main Dealer dan Dealer Honda serta perusahaan pembiayaan dan supplier merupakan faktor penting yang mengantarkan pencapaian ini..

Sementara itu, Leo Wijaya, Marketing Manager CV. Indako Trading Co selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara mengungkapkan untuk di pasar Sumatera Utara sendiri Honda juga mengalami hal yang sama, dimana Brand berlambang sayap mengepak ini berhasil mencatatkan pertumbuhan yang cukup menggembirakan. Jika di tahun 2011, Honda mencatatkan market share 54,6 %, maka di tahun 2012 Honda berhasil melakukan upaya pertumbuhan sehingga menjadi 65,9 %. Berbanding terbalik dengan kompetitor terdekatnya yang mengalami penurunan, yakni dari 37.6 % di tahun 2011 menjadi 27,4 % di tahun 2012. 

“Terima kasih kepada segenap konsumen yang sudah memilih Honda sebagai alat transportasinya. Kami akan berusaha terus menemani konsumen mewujudkan mimpi, bersama-sama membangun negeri ini,” ujar Leo Wijaya 


Pimpin pasar skutik 68% 

Sepanjang tahun lalu, penopang utama penjualan Honda masih berasal dari model skuter otomatik atau skutik. Model ini berkontribusi sebesar 69,9 % terhadap total penjualan Honda pada tahun 2012 setelah terjual sebanyak 2.859.989 unit. Melalui angka penjualan ini, Honda semakin mengukuhkan diri sebagai raja motor skutik dengan pangsa pasar 68% dari total penjualan skutik nasional yang tercatat 4.208.219 unit.

Honda BeAT Series tercatat sebagai penyumbang terbesar terhadap penjualan skutik Honda dengan angka penjualan 1.466.185 unit diikuti oleh Honda Vario Series dengan 1.079.943 unit, Honda Scoopy 155.512 unit, Honda Spacy Series 155.856 unit, dan Honda PCX 2.484 unit.

Di segmen sepeda motor bebek, Honda berhasil menjual sebanyak 1.058.281 unit atau berkontribusi 25,9% terhadap total penjualan Honda. Dengan perolehan ini, pangsa pasar Honda di pasar motor bebek nasional juga meningkat dari hanya 55,4% pada tahun 2011 menjadi 57,1% pada tahun 2012. Kontribusi terbesar penjualan motor bebek Honda disumbangkan oleh tipe Honda Supra Series dengan angka penjualan sebanyak 526.294 unit diikuti oleh Honda Revo Series dengan angka penjualan sebanyak 363.599 unit dan Honda New Blade sebanyak 168.388 unit.

Di segmen sport, pencapaian Honda juga cukup menggembirakan. Sepanjang tahun lalu, tercatat berhasil menjual 170.618 unit. Model Honda New Megapro tercatat sebagai penyumbang terbesar dengan angka penjualan 122.237 unit, diikuti oleh Honda Tiger 20.872 unit, Honda CBR Series 17.635 unit, Honda CS1 4.165 unit, dan Honda CB150R StreetFire 5.709 unit.

“Setelah merilis Honda CB150R StreetFire di akhir tahun yang mendapat sambutan luar biasa dari masyarakat, tahun ini kami akan melanjutkan upaya mempekuat penetrasi di segmen sport dan terus meningkatkan kepuasan konsumen di segmen matik dan bebek. Tentunya kami akan semakin memfokuskan peningkatan kepuasan pelayanan terhadap masyarakat”. Ujar Thomas Wijaya.

No comments:

Post a Comment

Jumlah Pengunjung :