Mengakhiri paruh pertama tahun 2012, PT Astra Honda
Motor (AHM) berhasil meningkatkan pangsa pasarnya cukup signifikan menjadi
56,8% di pasar sepeda motor domestik dibandingkan dengan semester I tahun 2011 yang
hanya 51,8%.
Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor
Indonesia (AISI), pada periode Januari-Juni 2012 penjualan sepeda motor di
pasar domestik tercatat 3.702.354 unit atau turun 8,7% dibandingkan periode
yang sama tahun sebelumnya yang tercatat 4.056.075 unit. Dalam kondisi pasar
yang melemah ini, Honda tercatat sebagai salah satu produsen yang mampu
mempertahankan pertumbuhan penjualan yaitu dari hanya 2.099.349 unit menjadi
2.101.881 unit.
Penguatan pangsa pasar sepeda motor Honda pada semester
pertama tahun ini terjadi hampir di semua segmen. Di segmen skuter otomatik,
skutik Honda jauh meninggalkan para pesaingnya setelah meraih pangsa pasar
64,7% melalui angka penjualan 1.409.337 unit, melonjak 31,1% dibandingkan
dengan periode yang sama tahun lalu yang hanya 1.075.336 unit atau 53,2% pangsa
pasar.
Di segmen skutik ini, Honda tercatat sebagai
satu-satunya produsen yang mampu menikmati pertumbuhan pasar yang meningkat
7,6% dari 2.022.228 unit pada semester I 2011 menjadi 2.176.634 unit. Saat ini Honda
memasarkan sejumlah model skutik, yaitu Honda BeAT, Honda Spacy Helm In, Honda
Spacy Helm In PGM-FI, Honda Scoopy, Honda Vario Techno 125 PGM-FI, dan Honda
PCX 150 PGM-FI.
Deputi GM Sales Division AHM Thomas Wijaya mengatakan
pertumbuhan skutik Honda ini tidak dapat dilepaskan dari penerimaan masyarakat
yang sangat baik terhadap model-model skutik Honda yang modern, stylish,
powerful, pasti hemat bahan bakar dan dilengkapi fitur safety yang tidak
dimiliki skutik lain serta sebagian besar sudah dilengkapi teknologi PGM-FI
terbaru dari Honda.
“Skutik sedang menjadi trend. Kami sangat berterima
kasih atas kepercayaan konsumen yang telah memilih skutik Honda untuk alat
transportasi.”, ujar Thomas Wijaya.
Sementara itu, Arifin Posmadi, General Manager CV.
Indako Trading Co selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara
mengungkapkan pihaknya turut berbangga dengan pencapaian ini, dan pastinya akan
semakin memicu semangat untuk terus memberikan produk dan pelayanan terbaik
bagi konsumen Honda.
Di segmen bebek, Honda juga berhasil meningkatkan
pangsa pasar produknya melalui beberapa model andalannya seperti Honda Supra X
125, Honda Supra X 125 Helm in PGM-FI, Honda Absolute Revo, dan Honda New
Blade. Di segmen ini pangsa pasar Honda tercatat meningkat menjadi 58,3%
setelah mengantongi angka penjualan 609.932 unit. Pada periode yang sama tahun
lalu, pangsa pasar Honda di segmen bebek hanya 56,1%.
Dominasi Honda di segmen bebek ini jika dirinci dapat
terlihat di setiap segmen. Di segmen cub mid low <125 cc, pangsa pasar Honda
tercatat 53,7% setelah berhasil membukukan angka penjualan 324.456 unit. Pada
Semester I 2011 tercatat pangsa pasarnya hanya 52,3%. Penguasaan Honda lebih
besar terjadi di segmen cub high end >125 cc. Pada semester I tahun lalu
pangsa pasarnya tercatat 63,5% sementara pada paruh pertama tahun ini tercatat
64,5% setelah berhasil mencatat angka penjualan 285.476 unit.
“ Menguatnya
pangsa pasar Honda di semester I/2012 ini menunjukkan semakin tingginya tingkat
kepercayaan konsumen terhadap Honda sebagai motor berkualitas di Indonesia “,
ujar Arifin Posmadi.
No comments:
Post a Comment