Wednesday, August 10, 2011

Produsen Antisipasi Kenaikan Permintaan Jelang Lebaran


Bulan Ramadhan selalu menjadi momen berkah bagi produsen yang menyediakan barang-barang kebutuhan masyarakat umum. Hal mana karena di bulan inilah konsumsi masyarakat meningkat pesat termasuk otomotif roda dua yang saat ini menjadi salah satu barang yang paling diminati. Gunarko Hartoyo, Promotion Manager CV. Indako Trading Co., selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara memperkirakan, omzet otomotif khususnya sepeda motor selama Puasa hingga Lebaran atau sepanjang Agustus dapat melambung 30 % hingga 40 % dari bulan sebelumnya, dimana Minggu pertama pada Ramadhan ini saja penjualan Honda khususnya di Sumatera Utara telah mengalami peningkatan hingga 32 %.

Menurutnya, peningkatan ini disebabkan adanya budaya mudik dan peningkatan kebutuhan transportasi. " Sepeda motor baru masih menjadi simbol identitas sosial selain peningkatan kebutuhan transportasi saat lebaran " papar Gunarko.

Sebagai produsen sepeda motor terbesar di Indonesia, Honda selalu berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan konsumen dengan terus melengkapi setiap model yang ada di pasar sepeda motor dalam negeri. Sejak awal tahun lalu, pihaknya telah menghadirkan CBR250R, Revo Fit, dan Spacy Helm in, dan belum lama ini Honda juga menghadirkan CBR 150R untuk memperkuat pasar motor sport kelas premium.

Gunarko mengungkapkan bahwa diperkirakan kenaikan penjualan otomotif akan terjadi pada type matik dengan kontribusi pasar mencapai 40 % dari total pasar di Sumatera Utara. Sebagai catatan, secara nasional matik Honda telah mengalami pertumbuhan hingga 63 % atau 1.075.336 unit pada semester I 2011, sementara pada Januari-Juni tahun lalu hanya 660.101 unit. Pencapaian ini pastiya semakin mempertegas dominasi Honda sebagai Raja Baru matik dengan menguasai pangsa pasar 53%.

Mengatasi trend kenaikan ini, peningkatan stok sangat dibutuhan untuk type matik terutama menjelang lebaran, bahkan tidak hanya itu, untuk menghadapi lebaran ini, Honda telah menyiapkan beragam amunisi, antara lain hadirnya warna terbaru scoopy dan matik berkapasitas bagasi besar, Honda Spacy Helm ini. Namun ketersediaan stock matik Honda yang belum sepenuhnya dapat terpenuhi hingga saat ini mendapat perhatian khusus dari Honda.

Sementara itu, Edi Susanto, Sales Manager CV. Indako Trading Co mengungkapkan walau telah memimpin pasar matik nasional namun ketersediaan stok matik belum sepenuhnya terpenuhi. Untuk mengantisipasi lonjakan jelang lebaran kami menyediakan hadiah khusus jaket eksklusif dan voucher belanja senilai Rp 200 ribu sebagai bentuk apresiasi bagi mereka yang mau menunggu hingga lebih dua minggu. Program ini dinamakan program SEHATI yakni program Setia Honda AT Indonesia yang bertujuan melengkapi program Berkah Honda (berbagi rejeki Honda) yang telah diluncurkan mulai awal Juli lalu dalam upaya memanfaatkan lonjakan permintaan lebaran tahun ini.

“ Kami berusaha menjawab animo besar masyarakat menjelang lebaran terutama perubahan trend mengendarai motor yang praktis seperti jenis skutik dengan menghadirkan beberapa produk skutik kami yang modern, trendi, hemat BBM dan penuh dengan fitur safety seperti BeAT, Vario Series, Scoopy, PCX,dan Spacy Helm In. Di beberapa daerah masyarakat terpaksa harus inden matik Honda. Kami mohon maaf atas keterbatasan kemampuan kami dalam memenuhi pesanan konsumen ini dan kami berharap progam inden SEHATI sedikit banyaknya dapat mengobati” jelas Gunarko Hartoyo.

” Bentuk perhatian Honda jelang lebaran tidak hanya sampai disitu, karena Brand berlambang sayap mengepak ini kembali memanjakan konsumennya dengan program Service Gratis Honda Matik yang dimulai sejak tanggal 5 Agustus s/d 30 September 2011 dan berlaku di seluruh AHASS se-Sumatera Utara. “ imbuh Min Hian, Service Manager CV. Indako Trading Co.

No comments:

Post a Comment

Jumlah Pengunjung :